Masya Allah, Beginilah Cara Islam Memperlakukan Fakir Miskin

Foto Fakir Miskin

Metode Islami. Hampir setiap negara pasti memiliki warga negaranya yang miskin. Pemandangan sekarang ini yang sering kita jumpai, banyak sekali perampokan, pembunuhan, penjambretan itu semua berakar dari kemiskinan dan kesenjangan sosial.  Orang selalu memandang remeh dan seolah tidak mempedulikan mereka-mereka yang masuk pada golongan miskin. Bagi mereka yang milyader, orang miskin seolah kotoran yang najis untuk disentuh. Meskipun tidak jarang juga milyader yang dermawan dan selalu menyantuni fakir miskin.

Definisi Fakir Miskin dalam Islam

Dalam islam, definisi miskin itu adalah kefakiran. Dikatakan fakir jika dalam hidupnya dia benar-benar tidak memiliki apapun yang berharga. Allah mendefinisikan orang fakir dalam Quran surah Al Balad ayat 16. Allah berfirman
]أَوْ مِسْكِينًا ذَا مَتْرَبَةٍ[
"....atau orang miskin yang sangat fakir"
Kata fakir berasa dari bahasa arab yaitu al faqru yang berarti membutuhkan (al ihtiyaaj). Sebagaimana firman Allah

 ]فَقَالَ رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ[

…lalu dia berdoa, “Ya Rabbi, sesungguhnya aku sangat membutuhkan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku” (QS al-Qashash [28]:24).
 Sementara ini dulu,, besok saya lanjutkan lagi.

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Share on Google Plus

About Tamman Firdaus Muqarrobin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar